Saturday 24 November 2012

Strategi Pemasaran

Air Asia
Citilink
Dengan sokongan pasokan pesawat dari Airbus, AirAsia dinilai mendapat amunisi untuk mendirikan operator baru di wilayah yang disasarnya.
Maskapai penerbangan asal Malaysia ini dinilai unggul dalam hal pelayanan bagi penumpangnya. Selain menawarkan sarana angkutan udara, AirAsia juga sudah melangkah jauh lewat kerja samanya dengan hotel. Tak hanya itu, AirAsia juga unggul dalam penawaran program-program khusus seperti paket liburan.
Anak perusahaan Garuda Indonesia, Citilink, dianggap sebagai lawan seimbang bagi maskapai penerbangan murah Lion Air, karena memiliki skala bisnis yang sama.
Keunggulan yang dimiliki Citilink adalah segmentasi dan bidikan konsumen yang sudah tegas dinyatakan sejak awal. Dengan induk usaha yang menggarap bisnis kelas premium, Citilink telah memiliki segmen jelas yaitu menyasar kelas bawah. Dukungan Garuda juga bisa menjadi keunggulan bagi Citilink.


Maskapai penerbangan Air Asia maupun Citilink  berada pada skala yang sama, yaitu membidik pasar konsumen menengah ke bawah dengan menawarkan harga tiket pesawat yang rendah. Menurut saya, Air Asia lebih baik daripada Citilink karena Air Asia mempunyai penawarkan program paket liburan yang jauh lebih maju daripada Citilink yang masih belum dikenal oleh konsumen walaupun merupakan anak perusahaan dari Garuda.

No comments:

Post a Comment