Saturday 24 November 2012

Sistem Informasi Sumber Daya Manusia

Sampoerna
Djarum
Sejak 2006 Sampoerna sudah mempunyai HR system, yaitu PeopleSoft HR, sebagai master data semua karyawan. PeopleSoft HR ini mempunyai banyak sekali modul yang sudah diimplementasikan untuk kebutuhan Sampoerna, seperti Medical Claim, Training, Customer Issue Tracking dan Manager Self Service. PeopleSoft HR ini juga terhubung dengan sistem lokal lainnya: penggajian karyawan (payroll), Sampoerna Performance & Development System, Sampoerna Phonebook, dan sistem lain yang membutuhkan data karyawan dari PeopleSoft. Sementara itu, parent company Sampoerna saat ini, PMI (yang berbasis di Swiss), sudah mempunyai Global SAP HR system, yang disebut HR2U. Nah, HR2U ini adalah global HR system untuk PMI dan dipakai di semua afiliasinya yang berjumlah 160 negara.
Sistem informasi Sumber daya manusia Djarum ini memungkinkan penyimpanan data dan informasi yang dibutuhkan oleh seluruh pihak, baik itu Djarum, perusahaan client, sampai pencari pekerjaan, dan menyalurkan informasi tersebut sebaik mungkin secara realtime. Sistem informasi Sumber daya manusia  Djarum dapat melakukan pengiriman lamaran oleh pencari pekerjaan, serta perusahaan client dapat memberikan informasi lowongan pekerjaan secara online, sehingga mengurangi beban kinerja teknis serta mengurangi waktu pekerjaan manual. Sistem informasi Sumber daya manusia Djarum mempunyai sebuah sistem otorisasi yang bertujuan agar informasi yang ada dapat diakses sesuai peran pengguna dalam mengorganisir seluruh informasi.


Kedua perusahaan di atas memiliki keunggulan yang berbeda dalam menggunakan sistem informasi sumber daya manusia. Sampoerna yang telah lama memakai sistem HR serta HR2U yang telah terbukti manfaatnya bukan hanya untuk Samporna saja, namun untuk 160 negara lainnya. HR memberikan informasi yang berhubungan dengan karyawan seperti data karyawan hingga gaji.  Sedangkan Djarum memakai sistem informasi sumber daya manusia untuk memberikan lowongan pada masyarakat yang ingin bekerja di Djarum. Sistem tersebut tidak hanya dapat di akses oleh karyawan namun juga dipakai oleh Djarum dan perusahaan client.

No comments:

Post a Comment