Saturday 24 November 2012

Sistem Informasi Manufaktur

Indomart
Alfamart
Sistem informasi manufaktur pada Indomart membentuk 2 jaringan (jaringan wireless dan jaringan UTP Cable) yang mempunyai 2 komponen utama yaitu computer client dan komputer server. Server merupakan komputer induk yang melakukan pemrosesan terbanyak untuk memenuhi permintaan-permintaan dari komputer client dan bertindak sebagai server database yang menyimpan data. Client yaitu komputer atau workstasion yang melakukan pengiriman permintaan-permintaan data pada server kemudian menampilkan data tersebut pada interface aplikasi yang dimilikinya. Selain itu client juga mempunyai kemampuan untuk mengubah atau menghapus data itu.
Dalam penggunaan sistem informasi manufaktur, Alfamart menggunakan sistem kertas kerja PKM yang menetapkan kuantitas maksimum yaitu setiap item barang sudah diketahui trenad penjualan selama 3 bulan, mengetahui masa tenggang waktu antara permintaan barang sampai pemenuhan, dapat merevisi PKM untuk barang yang cepat terjual, dan barang yang lambat terjual yang dilakukan setiap awal bulan dengan mencetak laporan PLM dan mengusulkan pada area coordinator untuk merubahnya. PKM juga dapat mengetahui kondisi di mana barang tersebut sedang kosong di gudang maupun di toko.


Secara garis besar, penggunaan sistem informasi manufaktur pada Indomart dan Alfamart sebenarnya hampir sama. Namun Indomart memiliki 2 alternatif dalam mengakses persediaannya di gudang maupun dalam toko dan lebih efisien dibanding dengan indomaret yang harus mencetak laporan tentang persediaannya terlebih dahulu pada awal bulan. 

4 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Blognya ELEK mba kurang penjelasan yang lebih rinci. cemunguuddd ya mba AUTIS :p But nice SHARE mba atas ilmunya =))

    ReplyDelete