Saturday 24 November 2012

E-Commerce

AIR ASIA
LION AIR
Dalam Air Asia dengan website-nya, www.airasia.com memiliki fitur:
Ticketless booking
Calon penumpang dapat melakukan pemesanan tiket secara online. Air Asia juga menawarkan pemesanan tiket dengan paket liburan yang ditawarkan pada websitenya yang juga bekerjasama dengan pemesanan hotel.
 Web check-in
Pada airasia.com, pelanggan dapat check-in 7 hari sebelum dan hingga 4 jam sebelum jadwal keberangkatan. Setelah melakukannya, pelanggan bisa mencetak boarding pass mereka. Melewati mereka hanya perlu diverifikasi dengan dokumen perjalanan mereka di bandara sehingga dapat menghemat waktu.
 Metode Pembayaran
Untuk pilihan kartu kredit, pelanggan dapat membayar dengan Visa, MasterCard, JCB atau American Express. Pengguna juga memiliki pilihan untuk pembayaran debit langsung.

Lion Air dengan website www.lionair.co.id memiliki fitur:
Online Ticketing
Pemesanan tiket via online maupun SMS.  Pelanggan hanya perlu membeli tiket di website dan mereka akan mengeluarkan jadwal penerbangan dengan nomor pemesanan. Ketika mereka tiba di bandara, pelanggan hanya perlu merujuk ke nomor pemesanan mereka untuk check-in.
     Mobile Check In dan Drive Thru Check In
Para calon penumpang tinggal check in pada waktunya karena segala macam hal yang berhubungan dengan pemesanan tiket sudah selesai secara online.
      Metode pembayaran
E-Payment: Pesan di mana saja dan bayar online menggunakan kartu kredit VISA atau Master Card, Pembayaran melalui ATM,Internet Banking,SMS Banking and Mandiri Call Banking, dan Mobile Banking.



Baik website Air Asia maupun website Lion Air memiliki fitur yang hampir sama yaitu memberikan pelayanan yang sudah sangat lengkap karena  tidak hanya sebatas pemberian informasi  dan membooking serta membayar tiket. Namun untuk Air Asia menawarkan sesuatu yang baru yaitu pemesanan paket yang di dalamnya terdapat pemesanan tiket beserta hotel. Paket tersebut tentunya menghemat waktu, dengan hanya membuka satu website namun dapat memesan dua hal yang mungkin diperlukan oleh calon penumpang. 

No comments:

Post a Comment