Saturday 24 November 2012

Manajemen Database

Indomart
Alfamart
Indomart dalam mengamankan data-data penjualan menggunakan backup database yang prosesnya sangat mutlak guna mengantisipasi kehilangan data pada sistem yang mungkin disebabkan oleh kerusakan komputer. Proses backup database ini dilakukan secara berkala. Tidak hanya proses backup saja, Indomart juga memnggunakan restore database yang merupakan proses kebalikan dari proses backup. Bila backup menyimpan database dari sistem menuju komputer, maka proses restore pada Indomart adalah untuk mengembalikan database yang tersimpan dalam file komputer menuju database sistem, dan data-data yang di restore otomatis akan menimpa data lama yang tersimpan dalam sistem.
Tidak berbeda dengan Indomart, Alfamart juga mengamankan data-datanya dengan backup database dan restore database. Dengan backup database maka terjadi proses membuat salinan data sebagai cadangan saat terjadi kehilangan atau kerusakan data asli. Salinan data yang dibuat disebut dengan “data backup”. Manfaat dari proses backup pada Alfamart diantaranya, mengembalikan kondisi suatu sistem komputer yang mengalami kerusakan atau kehilangan data, mengembalikan suatu file yang tanpa sengaja terhapus atau juga rusak. Sedangkan untuk restore dilakukan setelah backup. Backup akan menjadi sia-sia bila proses pengembalian dan perbaikan data sistem sulit dilakukan.


Untuk manajemen database antara Indomart dan Alfamart tidak jauh berbeda dengan menggunakan backup database serta restore yang memang pada zaman sekarang diperlukan untuk keamanan atas data-data perusahaan. Pada sumber yang telah saya paparkan, Indomart melakukan proses backup database dilakukan secara berkala, akan lebih baik jika proses backup database dilakukan setiap hari supaya informasi mengenai data-data terupdate setiap harinya sehingga Indomart memiliki data yang lengkap mengenai penjualan tiap harinya. Menurut saya, pengaturan data backup dapat dilakukan melalui internet. Untuk segi keamanan, metode ini sangat menjanjikan. Tapi, untuk kondisi Indonesia dengan kualitas koneksi internetnya yang masih mengecewakan, masih memerlukan waktu untuk implementasi luas metode backup ini.

No comments:

Post a Comment