Monday, 22 October 2012

Kelebihan dan Kekurangan Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata


Pengguna ponsel lokal saat ini sudah diberikan banyak pilihan untuk memakai kartu seluler apa yang menurutnya lebih membuatnya merasa nyaman dengan kemudahan serta keakuratan komunikasi yang diberikan oleh service atau layanan operator. Berbeda dengan beberapa tahun silam dimana operator seluler di Indonesia masih sangat terbatas, hanya ada Telkomsel dengan produk unggulannya Simpati, kemudian ada Indosat (Mentari & IM3), selanjuntya disusul XL Axiata.
Jika dulu pilihannya sangat terbatas, sekarang kondisinya sangat berbeda. Sekarang kita bisa memilih Three (3), Axis, atau produk lain dari Telkomsel, XL  maupun Indosat. Setiap operator memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi para customer, apa yang mereka inginkan tentunya sistem komunikasi yang lancar namun dengan biaya yang terjangkau, baik untuk tarif telepon, messaging atau internet.

Kelebihan dan kekurangan Telkomsel
Telkomsel adalah perusahaan telekomunikasi seluler tertua di Indonesia. Sesuai dengan usianya, Telkomsel memiliki jumlah pangguna yang paling banyak hingga hari ini. Konsumen Telkomsel mencapai puluhan juta orang di usianya yang menginjak 17 tahun. Telkomsel memiliki kelebihan pada sector wilayah. Jaringan Telkomsel lebih luas dibandingkan operator seluler lainnya. Ini mencerminkan keberadaannya sebagai operator seluler tertua.
Kekurangan utama Telkomsel terletak pada mahalnya tarif. Telkomsel secara keseluruhan merupakan operator dengan presentasi biaya yang paling mahal. Telkomsel mematok harga yang cukup mahal untuk biaya telepon, pengiriman pesan, akses internet dan berbagai layanan lainnya. Selain itu, jika dibandingkan dengan nama besarnya yang memiliki jumlah konsumen paling banyak dengan jaringan yang luas, komunikasi  menggunakan kartu Telkomsel  belum berada pada tingkat kecepatan dan akurasi yang baik. Di beberapa wilayah plosok, signal Telkomsel juga masih sangat sulit didapat yang artinya jaringan tower mereka belum memenuhi sekitar sebagai operator ternama. Padahal seharusnya harga dapat disesuaikan dengan servisnya.

Kelebihan dan kekurangan Indosat
Indosat termasuk operator tertua setelah Telkomsel. Kelebihan Indosat terletak pada traif yang sedikit lebih murah dibandingkan Telkomsel. Tidak heran jika diawal kartu IM3 di launching banyak yang beralih ke IM3 karena tarif yang diberlakukan jauh lebih murah dengan tarif berlaku milik Telkomsel kala itu. IM3 adalah operator seluler lokal pertama yang berani memberikan bonus sms dengan jumlah bonus yang sangat banyak.
Kekurangan Indosat berkaitan dengan jaringan yang masih belum mencakup seluruh wilayah di Indonesia. Telkomsel juga belum sepenuhnya memiliki covered area yang bagus, namun jaringan Indosat masih berada agak jauh dibawah Telkomsel.

Kelebihan dan kekurangan XL Axiata
XL tidak setua Telkomsel dan Indosat, tetapi XL memiliki beberapa kelebihan yang sanggup mengalahkan keistimewaan Indosat dan Telkomsel. Kelebihan XL diantaranya adalah kecepatan akses internet. Speed internet menggunakan kartu XL jelas berada jauh diatas Telkomsel dan Indosat. Meski Telkomsel dengan berjibun iklannya mendaulat mereka sebagai yang tercepat, pada prakteknya koneksi internet menggunakan kartu XL jauh lebih cepat daripada menggunakan kartu Telkomsel. Selain itu, XL juga mempunyai penampilan yang sangat bagus, hal ini dibuktikan dengan kuatnya radiasi signal XL dibanyak tempat (plosok). Jarang mengalami jaringan trouble, cepat dan inovatif.
Salah satu kekurangan XL yang masih membuat sebagian pengguna  lebih memilih Indosat adalah faktor harga/tarif. Secara keseluruhan tarif XL masih mahal.

3 comments:

  1. Bagaimana operator yg lainnya? Three, axis, smartfriend, flexy, esia, dll?

    ReplyDelete
  2. salah lagee, GSM pertama itu satelindo yang sekarang diambil atau dibeli atau apalah oleh indosat. setelah satelindo baru telkomsel. satelindo berubah nama jadi matrix untuk yang pasca bayar, telkomsel mengeluarkan simpati, indosat mengeluarkan mentari (gw lupa waktu kartu mentari keluar, sudah diambil oleh Indosat atau masih satelindo, seperti sih sudah diambil oleh Indosat).
    kartu Halo pelanggan telkomsel pasca bayar, yang pra bayar simpati, As. matrix untuk pasca bayar Indosat, mentari pra bayar indosat. IM3 keluar belakangan, yang tadinya rencana awal basisnya menyaingi ex satelindo (matrix) tapi lebih murah. kemudian star one basis CDMA. udah ahh, kepangjangan ... he...he.....he....

    ReplyDelete