· Proses Manajemen
Strategis adalah sebuah proses delapan langkah yang mencakup perencanaan
strategis, pelaksanaan atau penerapan dan evaluasi.
· Analisis
adalah suatu kegiatan untuk memahami seluruh informasi yang terdapat pada suatu
kasus, mengetahui isu apa yang sedang terjadi, dan memutuskan tindakan apa yang
harus segera dilakukan untuk memecahkan masalah.
· Analisa SWOT
adalah sebuah bentuk analisa situasi dan kondisi yang bersifat deskriptif
(memberi gambaran). Analisa ini menempatkan situasi dan kondisi sebagai sebagai
faktor masukan, yang kemudian dikelompokkan menurut kontribusinya
masing-masing. Satu hal yang harus diingat baik-baik oleh para pengguna analisa
SWOT, bahwa analisa SWOT adalah semata-mata sebuah alat analisa yang ditujukan
untuk menggambarkan situasi yang sedang dihadapi atau yang mungkin akan
dihadapi oleh organisasi, dan bukan sebuah alat analisa ajaib yang mampu
memberikan jalan keluar yang cespleng bagi masalah-masalah yang dihadapi oleh
organisasi.
·
Analisa ini
terbagi atas empat komponen dasar yaitu :
- Strength (S), adalah situasi atau kondisi
yang merupakan kekuatan dari organisasi atau program pada saat ini.
- Weakness (W), adalah situasi atau kondisi
yang merupakan kelemahan dari organisasi atau program pada saat ini.
- Opportunity (O), adalah situasi atau kondisi
yang merupakan peluang diluar organisasi dan memberikan peluang berkembang
bagi organisasi dimasa depan.
- Threat (T), adalah situasi yang merupakan
ancaman bagi organisasi yang datang dari luar organisasi dan dapat
mengancam eksistensi organisasi dimasa depan.
· IFAS (Internal
Strategic Factors Analysis Summary) adalah ringkasan atau rumusan faktor-faktor
strategis internal dalam kerangka KEKUATAN (Strengths) dan KELEMAHAN
(Weaknesses).
· EFAS (External
Strategic Factors Analysis Summary) adalah ringkasan atau rumusan faktor-faktor
strategis eksternal dalam kerangka KESEMPATAN (Opportunities) dan ANCAMAN
(Threats).
· Strategi SO
adalah strategi yang ditetapkan berdasarkan jalan pikiran organisasi yaitu
dengan memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang
sebesar-besarnya.
· Strategi WO
adalah strategi yang ditetapkan berdasarkan pemanfaatan peluang yang ada dengan
cara meminimalkan kelemahan yang ada.
· Strategi ST
adalah strategi yang ditetapkan berdasarkan kekuatan yang dimiliki organisasi
untuk mengatasi ancaman.
· Strategi WT
adalah strategi yang ditetapkan berdasarkan kegiatan yang bersifat defensif dan
berusaha meminimalkan kelemahan yang ada serta menghindari ancaman.
A.
ANALISIS SWOT DALAM PERUSAHAAN SAMSUNG:
§ Strength
(kekuatan)
- Samsung memiliki brand-image yang melekat di
masyarakat.
- Samsung telah memprakarsai Era Digital.
- Samsung menawarkan produk-produk yang
berkualitas
- Samsung senantiasa melakukan inovasi-inovasi
pada perkembangan produknya
- Teknologi yang diciptakannya mengikuti
perkembangan jaman.
- Desain produk-produk Samsung sangat baik dan
diunggulkan.
- Harga produk-produk Samsung bervariasi dan
rata-rata terjangkau
- Adanya diversifikasi produk
- Samsung merupakan supplier high-end mobile
handsets.
- Samsung merupakan pemegang pangsa pasar
global terbesar untuk tiga belas item di antara produk Samsung, termasuk
semikonduktor, TFT-LCD, monitor dan ponsel CDMA.
- Pada tahun 2008 Samsung menduduki posisi
pertama dalam pasar ponsel AS, Menduduki posisi No.1 pangsa pasar TV dunia
selama sembilan kali secara berturut-turut,
- Dengan pandangan ke depan, Samsung telah
membuat kemajuan bersejarah di bidang RnD lini semikonduktor, termasuk
flash memori dan non-memori, semikonduktor khusus pesanan, DRAM dan SRAM,
dan juga memproduksi LCD yang terbaik di kelasnya, telepon seluler,
peralatan digital, dan lebih banyak lagi.
- Samsung mengadakan partnership dengan Amerika
dan perusahaan-perusahaan ternama.
§ Weakness
(Kelemahan)
- Budaya Korea yang lebih menekankan hirerki
yang dapat menghambat ide-ide kreatif atau pendapat yang berbeda
- Budaya korporasi Korea yang tidak fleksibel.
- Pengalaman dalam mengelola perusahaan global
masih terbatas.
- Adanya tekanan yang ketat pada karyawan untuk
mencapai sasaran-sasaran yang membuat karyawan berusaha menjual teknologi
rahasia Samsung kepada para pesaingnya.
§ Opportunity
(Kesempatan)
- Produk-produk yang ditawarkan Samsung
merupakan produk keperluan rumah tangga yang selalu dicari.
- Adanya peningkatan permintaan masyarakat akan
barang-barang elektronik yang sudah merupakan suatu kebutuhan.
- Tingkat gengsi pada masyarakat yang selalu
ingin memiliki produk elektronik terbaru dan tercanggih.
- Pengaruh globalisasi yang mendorong pemasaran
barang elektronik yang tiada batas.
- Permintaan masyarakat pada produk-produk yang
gaya, best practice, simple, dan respon yang cepat pada
perubahan-perubahan pasar.
§ Threat
(Ancaman)
- Adanya ketergantungan produk-produk lokal
pada negara tertentu sehingga pasar sulit ditembus
- Kekuatan merek lain yang lebih dahulu
mengusai pasar
- Munculnya produk-produk baru yang lebih
inovatif dari perusahaan lain
- Adanya produk-produk dari perusahaan lain
yang menawarkan harga yang lebih murah dengan kualias yang tidak kalah
bagus
- Ketidakstabilan perekonomian tiap-tiap negara
- Terjadinya krisis financial menyebabkan
turunnya daya beli masyarakat
- Era globalisasi yang dapat mendorong
perusahaan Eropa masuk dan melakukan penetrasi pasar Asia.
B.
ANALISIS SWOT DALAM PERUSAHAAN NOKIA:
§ Strenght
- memiliki brand-image yang melekat di
masyarakat
- Desain produk-produk Nokia sangat baik dan
diunggulkan.
- Nokia merupakan supplier high-end mobile
handsets.
- Teknologi yang diciptakannya mengikuti
perkembangan jaman.
- Nokia senantiasa melakukan inovasi-inovasi
pada perkembangan produknya
- Nokia menawarkan produk-produk yang
berkualitas
§ Weakness
- Adanya tekanan yang ketat pada karyawan untuk
mencapai sasaran-sasaran yang membuat karyawan berusaha menjual teknologi
rahasia Nokia kepada para pesaingnya.
- Pengalaman dalam mengelola perusahaan global
masih terbatas.
- Budaya Korea yang lebih menekankan hirerki
yang dapat menghambat ide-ide kreatif atau pendapat yang berbeda.
- Untuk beberapa versi Handphone yang di
ciptakan, masih banyak kesalahan di bagian software dan komponen handphone.
§ Opportunity
- Produk-produk yang ditawarkan Nokia merupakan
produk teknologi terkini, yang sangat di cari orang baik dari segi design maupun applikasi yang ada
- Adanya peningkatan permintaan masyarakat akan
barang-barang elektronik yang sudah merupakan suatu kebutuhan.
- Tingkat gengsi pada masyarakat yang selalu
ingin memiliki produk elektronik terbaru dan tercanggih.
- Permintaan masyarakat pada produk-produk yang
gaya, best practice, simple, dan respon yang cepat pada
perubahan-perubahan pasar.
§ Threat
- Munculnya produk-produk baru yang lebih
inovatif dari perusahaan lain
- Adanya produk-produk dari perusahaan lain
yang menawarkan harga yang lebih murah dengan kualias yang tidak kalah
bagus
- Terjadinya krisis financial menyebabkan
turunnya daya beli masyarakat
- Era globalisasi yang dapat mendorong
perusahaan Eropa masuk dan melakukan penetrasi pasar Asia.
No comments:
Post a Comment